Langsung ke konten utama

Modifikasi Ban Sepeda MTB dari baut menjadi Quick Release

Sekarang lagi musimnya gowes, mungkin beberapa rekan memiliki sepeda yg rodanya masih menggunakan baut seperti ini.



dan ingin ganti menggunakan Quick Release. 

Pertama-tama, mengapa kita ingin ganti ban menjadi quick release? Apakah cuma biar keren saja? Itu terserah alasan masing-masing, namun saya mengganti ban menjadi Quick Relase agar sepeda lebih ringkes. Jika ban depannya tidak dibuka, sepedan saya tidak muat masuk mobil. Jadi dengan quick release saya mudah bongkar pasang ban depan tanpa perlu bawa-bawa peralatan.

Ban yg saya pasang quick release hanya ban depan, sebenarnya ban belakang juga bisa diupgrade menjadi quick release, cuma sedikit lebih repot waktu pemasangan karena biasanya di ban belakang sepeda ada freewheel/casette. Lagipula, jika kita melepas ban belakang, maka kita harus memasang lagi rantai sepeda dan bikin tangan kotor. Jadi kecuali terpaksa, lebih baik jangan membuka ban belakang.

Upgrade ke Quick Relase, apakah harus ganti Hub?
Jika agan tanya ke bengkel atau toko sepeda, kemungkinan sebagian besar akan mengatakan bahwa untuk upgrade menjad QR, maka anda perlu mengganti hub atau bahkan full velg set. Saya coba cek di tokopedia, harga hub quick release berkirar 300rban.
Contoh Hub Quick Release

Wah mahal juga ya.. rasanya sayang kalo sampai mesti keluar uang segitu cuma untuk modifikasi ban menjadi quick release. Namun setelah saya lihat-lihat lagi sebenarnya apa sih perbedaan ban yg masih pakai baut dengan quick release, bedanya hanya di as-nya saja. Kalau quick release as-nya bolong (hollow) supaya bisa dipasang skewer, sementara yg biasa asnya solid. 

Contoh as quick release


Celakanya sampai sekarang saya belum nemu yg jual part cuma as-nya doang seperti ini, tetapi kabar baiknya di shopee banyak yg jual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Low Carbo Rice Cooker, benar atau bohong?

Belakangan ini banyak produk rice cooker yg diklaim mampu mengurangi kadar gula hingga 40-50%, apakah ini benar atau bohong?  Pertama-tama kita pahami dulu proses pembuatan beras putih yg biasa kita makan, pertama-tama biji padi (gabah) digiling untuk membuang kulit luarnya (sekam) menjadi brown rice atau beras coklat. Beras coklat ini kemudian diproses lagi untuk membuang kulit arinya (bekatul) menjadi beras putih yg biasa kita makan.  Beras putih bisa disimpan lebih lama dibanding beras coklat, tetapi banyak kandungan nutrisi yg bermanfaat seperti serat, protein dan vitamin hilang.  Jadi bagian yg kita kenal sebagai beras putih itu sebenarnya adalah endosperm yg terdiri dari 2 macam tepung/pati (starch) yaitu amylopectin dan amylose.  Secara umum karbohidrat yg kita makan dapat digolongkan menjadi: 1. rapidly digested starch (RDS), adalah pati yg mudah dicerna dan dapat dengan cepat menaikkan gula darah 2. slowly digested starch, adalah pati yg lambat dicerna 3. Resistant starch, ada

Tips Ganti Peltier Dispenser

Sudah tau apa itu peltier? Peltier adalah komponen termoelektrik yg banyak dipakai sebagai komponen pendingin di dispenser. Jika dialiri listrik, maka permukaan yg ada tulisannya akan menjadi dingin, dan sisi sebaliknya menjadi panas.  Contoh Peltier Tapi gak semua dispenser pendinginnya pake peltier lho.. ada dispenser yg pendinginnya pakai kompressor seperti ac rumah. Jadi dicek dulu ya dispenser kamu tipe yg mana? Nah, sering masalah dispenser tidak dingin ini karena komponen peltiernya rusak, cara testnya gampang beri saja peltier ini tegangan 12V, jika tidak terasa ada permukaan yg menjadi panas dan dingin ya konfirm peltiernya rusak. Lebih baik lagi jika memiliki multitester, pastikan dari control board dispenser memberikan tegangan minimal 12V ke peltier. Untuk mengganti peltier gampang, banyak tutorialnya di youtube. Namun, banyak yg mengalami masalah walaupun peltiernya sudah diganti, kok masih tidak dingin? Padahal peltier yg baru sudah dicek dan berfungsi normal. Nah kemungk